MANGGO STICKY RICE

Laporan Penjualan Mango Sticky Rice 

 1.Ide bisnis  

           Buah mangga merupakan salah satu komoditas yang paling banyak peminatnya, baik sebagai sumber penghasilan ataupun hanya sekedar dikonsumsi. Buah Mangga sendiri adalah buah bersifat musiman yang berarti tidak setiap saat dapat ditemukan. Hal ini menyebabkan perasaan senang bagi para penikmat mangga hanya berlangsung dalam satu periode singkat. Maka dalam periode singkat tersebut, banyak bermunculan produsen yang bersaing memanfaatkan momentum dipasar buah mangga. Namun, dari berbagai varian jenis mangga tersebut kami belum melihat adanya banyak variasi yang digunakan oleh produsen dalam menyajikan produk dengan buah mangga. Oleh karena itu, kami berpikir untuk memulai bisnis “Mango Sticky Rice” karena kami melihat adanya potensi yang cukup tinggi untuk bersaing dipasar dan mengingat bahwa produk ini belum banyak memiliki pesaing di daerah Jepara.

 2. Laporan HPP dan keuntungan Rincian dana produksi : 

No. Bahan Jumlah Total harga :

1. Mangga 3kg = 69.000 

2. Beras ketan 1,5kg = 19.500

3. Kemasan 15 Pcs =16.500 

4. Sendok plastik 15 pcs = 3.750 

5. Santan kara 7 pcs = 21.000

6. Strawberry 1 pack = 10.000

7. Gula 250 gr = 3.000 

8. Kantong plastik 1 pack = 2.500 

9. Plastik clip ½ pack = 1.750 

10. Wijen 50 gr = 3.000 

Total =150.000 

Laporan keuangan :

Modal Rp 37.500 x 4 150.000

 Pengeluaran 150.000

 Sisa modal 0

 Ket : 

-9 porsi untuk mango sticky rice dengan tambahan strawberry

-6 porsi untuk mango sticky rice tanpa tambahan strawber

Penjualan 9 porsi @15.000 = 135.000

Penjualan 6 porsi @13.000 = 78.000 

Hasil penjualan =213.000

Keuntungan penjualan (laba) = 63.000 

HPP = total biaya produksi + (10% x Total biaya produksi) 

HPP = 150.000 + (10% x 150.000) 

HPP = 150.000 + 15.000 HPP = 165.000

3. Hasil dan Pembahasan 

        Kegiatan penjualan yang kami lakukan ini merupakan sebuah pengalaman dan pembelajaran untuk menjadi seorang wirausaha, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Mahasiswa  yang ingin mempromosikan produk barunya, karena dengan melakukan kegiatan ini maka kami mendapatkan sebuah pengalaman untuk menjadi seorang Wirausaha, mempelajari bagaimana cara memasarkan dan menawarkan dengan baik dan juga berinteraksi dengan orang banyak (Konsumen). 

        Dari keseluruhan kegiatan yang telah kami lakukan ini maka kami dapat menganalisa usaha yang kami jalankan sebenarnya cocok untuk dilaksanakan secara berulang di lingkungan Jepara karena marketing yang potensial dan konsumen yang dapat menerima produk kami yakni “Mango Sticky Rice” serta dikemudian hari memungkinkan kami sebagai penjual untuk dapat juga menambah inovasi varian dari mango sticky rice tersebut agar lebih banyak peminatnya.

 4. Bukti Penjualan

     Produk Jadi :

 


    Bukti Pembelian Bukti pembelian dari beberapa customer :

 5. Kendala dan hal unik yang kalian temukan saat terjun dilapangan

        Kendala yang kami alami selama mengerjakan dan menjualkan produk kami yaitu terdapat beberapa mangga yang sudah terlalu matang dan menjadi agak busuk serta cuaca yang akhir-akhir ini sedang tidak menentu seperti hujan di wilayah jepara mengakibatkan terhambatnya proses pengiriman produk terhadap pelanggan, karena kami menggunakan sistem COD sesuai lokasi terdekat konsumen sehingga waktu yang digunakan menjadi lama dan kurang efisien apabila pelanggan tidak tepat waktu saat COD.

Komentar